Wedding preparation #2

So after we get a place to get wedding, next stuff is administration. Nggak sih sebenarnya, ada hal yang nggak kalah penting, jauh sebelum nentuin gedung malah. Yaitu nentuin jumlah undangan.
Dari jumlah undangan itu, kita bisa kebayang gedung mana yang muat dan berapa ntar habisnya buat catering.
Nah baru habis dapet itu angka tamunya, barulah cari gedung. In this case, akhirnya temen aku booking sebuah gedung yang nggak terlalu jauh sama rumahnya. Tapi gede, luas, dan meyakinkan. Tentu saja hal tersebut atas berbagai pertimbangan. Awalnya dia dan calonnya pengen di gedung yang lain. Emang enak si gedung ini, udah kaya pemain lawas lah kalo dalam bidang wedding. Tapi, akses ke gedungnya itu susah. Mengingat solo sedang pembangunan. Jadi jalan yang tadinya jauh aja, jadi jauh banget karena muter. Karena pertimbangan itu lah akhirnya setelah diskusi panjang dia dan ibunya, maka didapat jalan tengah yang tetep di gedung tapi yang nggak jauh dari rumah.
Oke, kembali ke bahasan di awal, administrasi. Setelah kamu fiks tempat menikahnya bakal dimana, nah ini bisa banget ngurus administrasi. Kenapa? Karena pencatatan pernikahan sekarang itu berdasarkan tempat menikah. Liat dulu kecamatan mana yang kamu tempati buat nikah.
Langkah pertama tentu ngurus berkas calon mempelai laki laki. Mulai dari surat pengantar rt yg nanti di cap rw juga buat ngurus surat di kelurahan dulu. Nah setelah fiks suratnya, kamu bakal disuruh bikin beberapa surat.
1. Surat keterangan belum menikah
2. Surat keterangan tentang orang tua
3. Surat keterangan asal usul
Nah si calon ini nanti bakal menemui kolom dimana akan ditanyakan tempat menikah. Itu di isi kecamatan tempat kamu bakal nikah. In case kamu perempuan, tinggal di kecamatan a, nikah di kecamatan b, calonmu tinggal di kecamatan c. Nah kolom ini ditulisnya kecamatan b.
Syarat buat ngurus semua surat itu adalah fotokopi ktp, kk, dan akta kelahiran.
Berkas yg tadi diurus, itu berkas calon mempelai pria dulu. Setelah kelar di kelurahan, baru dia ke KUA. Nah setelah itu baru urus berkas di tempat tinggal calon mempelai perempuan.
Alurnya sama. Sama sama ngurus surat pengantar dan beberapa surat keterangan yang kaya di atas.
Ini baru bahas surat yang di kelurahan ya, ngges. Masih ada beberapa tahap lagi kaya berkas di kua, dll.
I will tell you when i get more information~

See you in the next post

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s